STANDAR HSE

November 13, 2009 at 6:55 am | Posted in Informasi | Leave a comment
Tags: , , , , , , ,

Health, Safety, Environment atau HSE atau manajemen Kesehatan dan Keamanan, Lindungan dan Lingkungan alias K3LL tak bisa ditawar-tawar lagi harus dipenuhi oleh perusahaan migas seperti juga Pertamina. Terlebih perusahaan ini mau memperkuat diri sebagai National Oil Company (NOC). NOC atau juga International Oil Company (IOC) sama-sama memiliki kewajiban menerapkan manajemen HSE.

NOC sebagai BUMN dan IOC sebagai perusahaan swasta tidak ada bedanya dalam urusan kewajiban memperhatikan HSE. Yang menjadi fokus adalah bagaimana manajemen implementasi HSE harus sesuai standar perusahaan kelas dunia. Tak ada lagi cerita ketika menghitung anggaran dan harus menghemat, berefisien, lalu pos anggaran HSE dipangkas, dikalahkan. Tak ada lagi cerita, dan tak boleh lagi ada cerita seperti itu.

Dalam sebuah milis migas disebutkan, HSE merupakan salah satu bagian dari manajemen sebuah perusahaan, selain manajemen-manajemen bidang lain. Biasanya manajemen HSE dipimpin oleh seorang manajer HSE yang bertugas merencanakan,melaksanakan, dan mengendalikan seluruh program HSE.

Program HSE disesuaikan dengan tingkat risiko dari masing-masing bidang pekerjaan. Misalnya HSE Konstruksi akan berbeda dengan HSE Pertambangan, dan akan berbeda pula dengan HSE Migas. Selain itu apa yang diterapkan di suatu negara berbeda standarnya dengan standar HSE di negara lain. Seorang anggota milis bernama Bobby menjelaskan, bahwa di Inggris ada lembaga HSE Offshore, HSE Diving.

Sementara di Norway sendiri saat ini ada PSA (Petroleum Safety Authority) yang mengatur tentang safety legislation di dunia migas Norway. Sementara di AS ada beberapa departemen, seperti MMS di bawah Departemen of the Interior, OSHA (Occupational Safety & Health Administration) di bawah Departemen of Labour, juga ada MSEP (Marine Safety & Enviromental Protection), EPA (Environmental Protection Agency), dan lain-lain.

Di Kanada – masih menurut penjelasan Bobby – yang berkaitan dengan perminyakan lebih bersifat provinsi. Misalnya ada CNOPB (Canadian Newfoundland Offshore Petroleum Board) untuk provinsi Newfoundland. Lalu ada CNSOPB (Nova Scotia). Walaupun begitu lembaga-lembaga HSE provinsi itu harus mentaati federal regulation Pemerintah Kanada.

Meskipun beragam standar, tetapi kebanyakan lembaga-lembaga ini tetap berpatok pada guideline yang dibuat atau disepakati oleh organisasi internasional seperti ILO, IMO, ISO, IMCA, dan lain-lain.

Anggota milis lain bernama Nanang Jamil menjelaskan, dalam penerapan HSE perlu mengadopsi beberapa standar. Untuk migas, beberapa standar tentang HSE yang dipakai adalah: • API RP 750 tentang Process Safety Management

  • OSHA CPR 119.10.110 tentang Process Safety Manajement
  • OHSAS 18001 tentang Occupational Health and Safety
  • Kepmenaker tentang SMK3
  • NFPA atau National Fire Protection Association
  • NEC atau National Electrical Code
  • LSC atau Life Safety Code
  • ISO 14001 untuk sistem manajemen lingkungan.

Menurut penjelasan Nanang Jamil HSE di beberapa perusahaan telah berkembang, menjadi HSES atau Health, Safety, Environment, and Security. Ada juga yang menjadi QHSE dengan penambahan Q atau quality, dan ada juga yang lebih lengkap QHSES dengan memasukkan unsur keamanan (security) dan mutu (quality). Kita setuju dengan ungkapan anggota milis bernama Dirman Artib yang menekankan bahwa HSE distrukturkan secara sistematis sebagai sebuah sistem manajemen organisasi untuk mencapai tujuan, sasaran, dan visinya dalam aspek keselamatan dan kesehatan kerja, serta lindungan lingkungan.

Selain perusahaan-perusahaan mengintegrasikan sistem manajemen HSE dengan manajemen sekuriti dan mutu, banyak perusahaan yang mengintegrasikan dengan semua aspek, seperti HR, Finance, Marketing, dan lain-lain, sehingga terkadang nama sebuah sistem tidak lah terlalu penting, karena yang esensial adalah refleksi dari sistem itu sendiri dalam implementasinya.[pertamina.com]

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: