PERTAMINA LUNCURKAN PELUMAS BERKUALITAS TINGGI DI AUSTRALIA

October 27, 2009 at 4:55 am | Posted in News | Leave a comment
Tags: , , ,

Sydney, 23 Oktober 2009 – PT.PERTAMINA (Persero) melalui Unit Bisnis Pelumas meluncurkan pelumas berkualitas tinggi untuk pasar Australia. Acara resmi peluncuran dilakukan oleh Ministry of Transpotation NSW, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina beserta Konjen RI di Wisma Negara Kosulat Jenderal Republik Indonesia di Sydney pada hari Jum’at 23 Oktober 2009. Segmen pelumas yang dipasarkan ke konsumen Australia meliputi segmen otomotif dan industri. Beberapa merek produksi pelumas adalah Fastron, Prima XP, Mediteran SX dll.

Pelumas Pertamina dengan tagline X’treme Power & Protektion (XP2), berdasarkan kualitas pelumas dibagi dalam 3 kelas yaitu Premium, Gold dan Silver yang disesuaikan dengan penggunaannya. Pelumas Pertamina dibuat dari campuran base oil (mineral dan fully synhetic) terbaik ditambah dengan aditif yang diproduksi oleh perusahaan kelas dunia seperti Lubrizol, Infenium, Chevron Oronite dll, sehingga menghasilkan pelumas kualitas tinggi dari API (Association des Constructeurs European d’Automobiles), Volvo, DaimlairChrysler, di sektor otomotif, serta sertifikat dari Komatsu, Niigata, Caterpillar, Wartsila, dll di segmen pelumas industri. Pasar Australia sangat menarik bagi PERTAMINA , selain karena jaraknya yang relatif dekat, memiliki nilai yang cukup prestigius karena termasuk negara “Barat”. Kebutuhan pelumas Australia sekitar 550.000 KL/th. Sasaran pasar awal adalah segmen otomotif baik Top Tier maupun Mid Tier, dengan kebutuhan 260.000 KL (48% dari kebutuhan nasional). Jaringan pemasaran yang dibidik adalah independent garage, taxi pool, bus/truck pool, dan toko pengecer autoparts independen (non-chain).

Untuk tahun pertama, PERTAMINA menargetkan penjualan sekitar 3-5 container perbulan. Dengan perkiraan pertumbuhan bisnis 15-20 % pertahun, diharapkan pada tahun 2015 bisnis pelumas PERTAMINA di Australia sudah mencapai diatas 5.000 KL/tahun.

Dalam mendistribusikan pelumas dan melayani konsumen di Australia, Pertamina telah menunjuk satu Country Distributor, Offshor Lubricants Pty Ltd yang beralamat di 28 Bryant Street, Padstow NSW 2211 Australia. Saat ini Offshore Lubricants telah memasarkan Pelumas ke independent gerage, sehingga  konsumen dapat memperoleh edukasi Pelumas, kegiatan promo dll dan tentu saja dengan harga yang kompetitif.

Pertamina sebagai produsen minyak dan gas yang telah berusia 52 tahun menjalankan bisnis yang terintegrasi dari eksplorasi dan produksi, pengolahan hingga pemasaran produk, baik dalam negeri maupun ke luar negeri. Di dalam negeri, Pertamina Pelumas merupakan market leader yang menguasai lebih dari 54%, sementara diluar Indonesia, Pertamina Pelumas sudah memasarkan ke Belgia, Pakistan UAE, Myanmar, Singapore, Taiwan dll. Ini menunjukkan kualitas Pelumas Pertamina sudah diakui oleh konsumen dunia.

Sydney, 23 Oktober 2009

  • PT. PERTAMINA (Persero)
  • Offshore Lubricants Pty. Ltd

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: