BPH Migas: Premium Bukan Penyebab Rusaknya Fuel Pump

August 19, 2010 at 2:26 am | Posted in News, Tentang Pertamina | Leave a comment

Hasil uji laboratorium yang dilakukan Lemigas membuktikan premium bukanlah penyebab rusaknya fuel pump mobil seperti yang diisukan beberapa waktu lalu.

“Secara umum Premium 88 yang diambil dari tangki timbun di pool taksi dan SPBU serta dispenser di SPBU memenuhi spesifikasi yang ditetapkan pemerintah,” ujar Kepala BPH Migas, Tubagus Haryono dalam pesan singkatnya kepada detikOto, Rabu (18/8/2010)

Namun, hasil lab terhadap sampel premium yang diambil dalam uji petik yang dilakukan BPH Migas itu juga menemukan adanya sampel bensin premium 88 yang berasal dari fuel pump mobil taksi yang keruh mengandung gum dan sulfur melebihi batas maksimum dan mengandung beberapa jenis logam (Cu, Zn, Fe, Pb).

Hasil uji lab tersebut meliputi angka oktan, tekanan uap, kandungan sulfur, berat jenis, distilasi, residu, penampakan visual, washed gum, korosi bilah tembaga, kandungan air, kandungan logam Pb, stabilitas oksidasi, kandungan oksigen, dan kandungan olefin.

Sampel-sampel tersebut diambil dari Pool taksi Gamya pondok Bambu (5 sampel), SPBU condet (2 sampel), Pool Taksi Putra Tanjung Barat (3 sampel), SPBU Tanjung Barat (2 sampel), dan SPBU MT Haryono (2 sampel). (detik.com)

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.